31.8.15

Keutamaan Berqurban

      Qurban adalah penyembelihan hewan yang di laksanakan pada hari raya menyembelih (idul adha). pelaksanaan pemyembelihannya setelah sholat idul adha, adapun waktu penyembelihannya mulai tanggal 10 dzulhijjah dan hari tasyrik (11,12,13) dzulhijjah. Dan hewan yang di sembelih hewan tertentu seperti unta, sapi, kambing dan menurut syar'i hewan qurban di usahakan hewan yang sempurna dan tidak cacat yang jelas cacatnya, seperti tidak rusak separuh telinganya atau lebih, tidak patah separuh tanduknya atau lebih, tidak cacat kakinya (pincang) dan juga cukup umurnya atau tidak cempek.
Dan yang paling utama hewan qurban yang terima oleh alloh, pada saat berqurban harus di sertai dengan niat dan ketaqwaan semata mata mencari pahalanya berqurban.
Adapun motivasi berqurban di karenakan menetapi dalil dalil sbb:
Artinya:
      Sesungguhnya Kami telah memberikan telaga kautsar kepadamu muhammad. Maka dirikanlah shalat karena Tuhanmu dan berkorbanlah. Sesungguhnya orang-orang yang membenci kamu muhammad, dialah orang yang putus kebaikannya.


Artinya:
      Dan telah Kami jadikan untuk kamu unta-unta itu sebagian dari tanda kebesaran Allah, kamu memperoleh kebaikan yang banyak padanya, maka sebutlah nama Allah ketika kamu menyembelihnya dalam keadaan berdiri (dan telah terikat). Kemudian apabila telah roboh (mati), maka makanlah sebagiannya dan berilah makan orang orang yang tidak meminta (qonik) dan orang yang meminta. Demikianlah Kami telah menundukkan unta-unta itu kepada kamu, agar kamu bersyukur.
Daging-daging unta dan darahnya itu tidak sampai kepada Allah, tetapi ketakwaan dari kamulah yang sampai kepada-Nya. Demikianlah Allah telah menundukkannya untuk kamu supaya kamu mengagungkan Allah terhadap hidayah-Nya kepada kamu. Dan berilah kabar gembira kepada orang orang yang berbuat baik.
Bagi anda yang bisa berqurban, maka supaya bersenang hatilag dengan qurbannya, karena akan mendapatkan pahala qurban yang sangat pol.

semoga artikel tentang keutamaan berqurban bermanfaat bagi anda semuanya dan semoga anda juga bisa berqurban.

Keutamaan Berqurban Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Unknown

0 komentar:

Posting Komentar